seperti bisikan kecil ajaah ya...

www.golden-bux.com

Jumat, Juni 20, 2008

Google VS Angkasa

Awalnya Google telah menaklukan dunia cyber, sekarang, mereka siap untuk menaklukan angkasa luar.

Hari Kamis kemarin, Google mengumumkan 10 tim yang akan bersaing memperebutkan $30 juta untuk mengirimkan pesawat luar angkasa ke bulan guna mendapatkan pemahaman yang lebih mengenai tata surya dan menemukan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.


Kontes Google Lunar X Prize mengumpulkan setiap tim - yang terdiri dari ilmuan dan pebisnis - untuk membuat kapal robotik yang dapat bergerak di atas permukaan bulan, menangkap video dan gambar serta mengirimkan data kembali ke bumi dan bahkan menemukan sumber daya alam.

Salah satu proyek yang cukup berani adalah: menggunakan material yang ada di bulan untuk membuat panel surya yang dapat menghasilkan energi yang bebas dari karbon untuk dikirimkan kembali ke bumi.

Google tidak mendanai biaya pembuatan roket para partisipan; mereka hanya akan memberikan $20 juta sebagai hadiah utama bagi tim yang dapat membuat kendaraan yang dapat mendarat di bulan dan menyelesaikan misi. Masing-masing tim harus mengumpulkan sendiri dana untuk membuat pesawat mereka.

Sepuluh tim yang bersaing untuk memperebutkan hadiah dari Google datang dari industri yang berbeda dari seluruh dunia. Tim tersebut mencakup Astrobotic, sebuah kolaborasi antara Carnegie Mellon University dan Raytheon; Chandah, dipelopori oleh wiraswastawan dari industri energi; dan Tim Italia, sebuah konsorsium dari universitas di Italia. Setiap tim menggunakan dana mereka sendiri untuk membuat pesawat robotik mereka.

Walaupun kontes tersebut menarik minat lebih dari 567 peserta dari kalangan ilmuwan dan pebisnis di seluruh dunia, hanya 10 tim yang hingga saat ini membayar biaya registrasi sebesar $10.000 dan telah membuktikan bahwa pesawatnya bisa berfungsi. Diamandis berharap ada 10 sampai 20 tim lagi yang ikut mendaftar.

Taken from Free Googling

0 komentar: